Pages

Selasa, 11 Juni 2013

ANALISIS MENGENAI PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK DAN BAGAIMANA KONSUMEN MENDAPATKAN KEPUASAN MAKSIMAL DARI SUATU PRODUK




Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. 
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Jadi perilaku konsumen itu sendiri terhadap suatu produk tergantung dari nilai barang berharga jual rendah (low-involvement) dimana proses ini pengambil keputusan dapat dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses ini pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang sehingga dapat mendapat kan kepuasan tersendiri dari produk tersebut.

Beberapa Faktor yang mempengaruhi konsumen sehingga mendapatkan kepuasan maksimal dari suatu produk :

1. Kualitas dari Produk itu sendiri (Highest Quality)
Seorang konsumen yang memperhatikan low ataupun high-involment selalu memeperhatikan kualitas dari produk itu sendiri dikarenakan seorang konsumen ingin mendapatkan barang yang sesuai dengan kualitasnya.

2. Pelayanan dari penjual (Best Service)
Suatu unit usaha atau perusahaan yang bergerak di bidang retail pasti selalu dihadapkan dengan bermacam-macam  tipe konsumen, dan di pastikan  konsumen itu sendiri dapat mempertimbangkan perusahaan atau unit usaha mana yang memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen merasa puas atas pelayanannya.

3. Harga Barang (Lowest Prices)
Seorang konsumen lebih tertarik dengan harga barang yang murah tetapi dengan kualitas yang terbaik, sehingga perbandingan untuk harga lebih menitik beratkan mpada kemampuan masing-masing konsumen itu sendiri.


BIAYA KULIAH UNIVERSITAS GUNADARMA 2013 / 2014



Beberapa hari yang lalu saudara gue ada yang nanyain biaya kuliah di gundar sekarang berapa? kebetulan saudara gue nanyain untuk yang jurusan akuntansi.
Nah , kebetulan waktu itu gue ada waktu buat ke ruang pendaftaran , gue tanya-tanya lah berapa biaya kuliah buat jurusan akuntansi tahun ajaran 2013/2014 . dan pertama-tama gue dikasihlah yang nama nya brosur tentang Universitas Gunadarma mencakup tentang profil Universitas , Akreditasi sampai Gambaran apa saja yang ada di Universitas Gunadarma. Dan terus gue nanya dong untuk biaya nya ada ga kak? *dikasihlah rincian biayanya* Nah karna daftar biaya nya ga bisa di bawa pulang akhirnya gue baca-baca anda sempet gue dokumentasiin beberapa dan kata kakaknya biaya tahun 2013/2014 masih sama seperti tahun sebelum nya belum ada perubahan.

Oya sebelum nya gue mau jelasin , kalo biaya pendaftaran nya kita beli formulir sebesar Rp. 300.000, setelah dibayar ke BANK DKI Kampus , maka nanti akan di berikan Jadwal Untuk Ujian Masuk nya,  Nah Fungsi dari Ujian Tersebut Hasil nya di gunakan untuk menentukan GRADE (Besar Kecil nya Uang Gedung/Sumbangan yang akan dibayarkan) , nanti GRADE nya terdiri dari AA (Istimewa) , A (Sangat Baik), B (Baik).


Langsung aja Sampelnya nih *Gue liat untuk jurusan S1-Akuntansi (Pagi)* :
Jumlah SKS : 18 SKS (di gundar itu sistem paket , intinya yang di wajibkan di bayar per semesternya itu sebanyak 18 SKS, kalo ada kelebihan sks maka sisa yang belom di bayar , di masukkan ke bayaran semester berikutnya) dan di gundar per sks nya @Rp. 150.000.

Uang Sumbangan / Gedung S1-Akuntansi (pagi) : Rp 13.000.000
GRADE AA            : Potongan Rp 5.000.000
GRADE A              : Potongan Rp 2.500.000
GRADE B              : Tidak ada potongan

Dan untuk Uang gedung / Sumbangan ini bisa di bayar/ di cicil sampai 6x (6 Semester).
Jadi kalo Misal Tes Masuk nya dapet GRADE AA, maka yang di bayar pertama kali masuk atau semester 1 , berupa :
BPP        (Biaya Pengembangan Pendidikan)      :  Rp. 1.750.000
Uang Kuliah 18 SKS x @Rp. 150.000                   : Rp. 2.700.000
USP (Uang Sumbangan Cicilan Pertama/smt 1)   : Rp. 1.400.000 (8juta dibagi  6 (6x cicilan))
Maka Total yg harus dibayar di semester 1 : Rp 5.850.000

Nah kurang lebih untuk semester 2-6 yang di bayar per semester nya sama seperti semester 1. Dan untuk semester 7-8 yang di bayar Cuma BPP dan Uang Kuliah (SKS) aja.


Untuk pembayaran ada pilihan lain yaitu bayar LUNAS 6 Semester langsung , jadi total yang di bayar sekitar 34jutaaan , dan biasa nya akan mendapatkan 1 buah Laptop Free.

Jadi seperti itulah gambaran untuk tata cara pembayaran di gundar, ga bingung kan? Mudah untuk di pahami kok itu. So simple aja :)


Nah kalo di bawah ini Rincian untuk beberapa jurusan lain :

A. Fakultas Teknologi Industri
1. Teknik Informatika (S1)
Uang Gedung:
-Grade B = 25.000.000
-Grade A = 20.000.000
-Grade AA = 15.000.000
Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks

2. Teknik Elektro, Mesin, Industri (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 13.000.000
-Grade A = 10.500.000
-Grade AA = 8.000.000
Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks


B. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
1. Sistem Informasi (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 20.000.000
-Grade A = 17.000.000
-Grade AA = 14.000.000
Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks
  
2. Sistem Komputer (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 13.000.000
-Grade A = 10.500.000
-Grade AA = 8.000.000
Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks

C. Fakultas Ekonomi
1. Manajemen, Akuntansi (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 13.000.000
-Grade A = 10.500.000
-Grade AA = 8.000.000
Biaya /sem = 1.750.000+150.000/sks(pagi), 2.000.000+150.000/sks(malam)

D. Diploma Tiga (D3)
1. Manajemen Informatika, Teknik Komputer, Akuntansi Komputer (D3)
Uang Gedung
-Grade B = 11.000.000
-Grade A = 8.500.000
-Grade AA = 4.500.000
Biaya /sem = 1.500.000+150.000/sks

2. Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan (D3)
Uang Gedung
-Grade B = 7.000.000
-Grade A = 5.500.000
-Grade AA = 3.000.000
Biaya /sem = 1.500.000+150.000/sks

3. Kebidanan (D3)
Uang Gedung
-Grade B = 10.000.000
-Grade A = 7.500.000
-Grade AA = 6.000.000
Biaya /sem = 7.500.000+150.000/sks
Test Kesehatan = 350.000
Seragam Mahasiswa = 2.000.000
Capping Day = 600.000

D. Fakultas Psikologi
1. Psikologi (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 13.000.000
-Grade A = 10.500.000
-Grade AA = 8.000.000
Biaya /sem = 1.750.000+150.000/sks

E. Fakultas Sastra
1. Sastra Inggris (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 12.500.000
-Grade A = 9.500.000
-Grade AA = 6.500.000
Biaya /sem = 1.750.000 +150.000/sks

F. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
1. Teknik Arsitektur, Teknik Sipil (S1)
Uang Gedung
-Grade B = 13.000.000
-Grade A = 10.500.000
-Grade AA = 8.000.000
Biaya /sem = 2.000.000+150.000/sks


dan kalau kalian ingin mengetahui Akreditasi masing-masing Program Studi , bisa di cek di :



Kemudian masukkan Universitas Gunadarma pada kolom pencarian Nama Perguruan Tinggi.



Jadi silahkan pilih jurusan mana yang kalian sukai dan pastinya sesuai kemampuan dari orang tua juga, pikirkan yang matang-matang .
Kalo ada yang belom jelas , silahkan tinggalkan Komentar di bawah aja, insyaallah akan di bantu  jawab :)

Sekian dan Terimakasih :D

Sabtu, 08 Juni 2013

PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI



Manusia sebagai makhluk sosial dimana dalam kehidupan untuk bersosial antar sesama manusia di butuhkan sebuah komunikasi. Yang dimana artinya bahwa manusia membutuhkan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi antar sesama manusia. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagaian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial sesama dalam kelompok dan masyarakat. Didalam kelompok/organisasi itu selalu dapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hKoidup kelompok,yang terdiri dari pemimpin dan bawahan atau karyawan. Dalam organisasi dibutuhkan komunikasi timbal balik dari masing-masing anggota yang diperlukan untuk kerja sama yang diharapkan untuk mencapai tujuan pribadi,kelompok maupun organisasi.
Bila sasaran komunikasi dapat diterapkan dalam suatu organisasi baik organisasi pemerintah, organisasi kemasyarakatan maupun organisasi perusahaan, maka sasaran yang dituju pun akan beraneka ragam, tapi tujuan utamanya tentulah untuk untuk mempersatukan individu-indvidu yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Kata Komunikasi itu sendiri berasal dari bahasa latin yatu communication, yang artinya sama. Maksudnya adalah komunikasi dapat terjadi apabila terdapat kesamaa makna mengenai suatu pesan yang disampaikan oleh komunikator dan diterima oleh komunikan. Salah satu tujuan komunikasi adalah mengubah sikap dan perilaku sesorang ataupun sekelompok orang sebagaimana dapat dimengerti, diyakini serta tahap selanjutnya.
Berdasarkan sifat komunikasi dan jumlah komunikasi menurut Onong Uchyana Effendi, dalam bukunya “Dimensi-Dimensi Komunikasi”, Komunikasi dapat di golongkan dalam tiga kategori :
1.    Komunikasi antar Pribadi
Komunikasi ini penerapaanya antara pribadi atau individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk mencapai kesamaaan pengertian, sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan bersama.
2.    Komunikasi Kelompok
Pada prinsipnya dalam melakukan suatu komunikasi yang di tekankan adalah faktor kelompok sehingga komunikasi menjadi lebih luas. Dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak seperti komunikasi antar pribadi.
3.    Komunikasi Massa
Komunikasi massa di lakukan melalui alat media massa seperti media cetak maupun media elektronik.

Organisasi dari salah satu definisinya menyebutkan bahwa organisasi merupakan suatu kumpulan atau sistem individual yang melalui suatu hirarki atau jenjang dan pembagian kerja, berupaya mencapai tujuan yang ditetapkan.

Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran diantara unit-unit komunikasi yanhg merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu  organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hirarkis antara yang satu dengan yang lainnya dan berfungsi sebagai dalam suatu lingkungan.

Terdapat dua proses komunikasi dalam sutu organisasi yaitu :
a.     Komunikasi Internal
Komunikasi ini tejadi di dalam suatu organisasi yang dimana terjadi pertukaran gagasan atau komunikasi antar anggota organisasi yang disertai pertukaran gagasan secara horizontal maupun vertikal dalam organisasi sehingga organisasi dapat berjalan tetap pada jalur nya untuk mencapai tujuan bersama.
b.    Komunikaksi Eksternal
Komunikasi ini merupakan hubungan antara pimpinan organisari dengan masyarakat yang di luar. Diamana informasi  yang terhubung dengan masyarakat bersifat informatif dari organisasi ke masyarakat ataupun sebaliknya.

Peran Komunikasi dalam Organisasi
          Dalam suatu organisasi yang baik suatu sistem yang berorientasi komersial maupun sosial, komuniaksi dalam organisasi atau lemabaga tersebut akan melibatkan beberapa peran komunikasi, yaitu :
a.     Informatif
Organisasi dipandang sebagai sutu sistem pemrosesan informasi. Dimana seluruh anggota dalam organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi melaksanakan pekerjaan secara lebih pasti.
b.    Regulatif
Dimana ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam organisasi.
c.     Persuasif
Dalam mengatur organisasi, kekuasaaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataaan ini, maka banyak pemimpin organisasi yang lebih menonjolkan pekerjaan nya di bandingkan menunjukkan kekuasaan nya dibandingkan menonjolkan kekuasaannya.
d.    Integratif
Setiap organisasi berusaha menyediakan saluran yang msetiap memungkinkan setiap anggota nya untuk menjalankan tugas nya masing-masing dengan baik.