Facebook Twitter Google RSS

Rabu, 14 Maret 2012

Makalah 1 - Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam Melestarikan Kebudayaan


KONTRIBUSI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT
DALAM MELESTARIKAN KEBUDAYAAN






Disusun Oleh :
Nama       :           Ricky Reza Pahlevi
NPM        :           16111129
Kelas       :           1KA41



Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
S1 – Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
2011 – 2012






Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat
Dalam Melestarikan Kebudayaan

Kelas  :  1-KA41
Tanggal Penyerahan Makalah : 16 Maret 2012
Tanggal Upload Makalah  :  17 Maret 2012

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
16111129
Ricky Reza Pahlevi

P e n y u s u n


Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

 



KATA PENGANTAR

          
Puji syukur dipanjatkan kehadirat Alllah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tiada henti-hentinya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah “Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat Dalam Melestarikan Kebudayaan”. Shalawat serta salam kita senantiasa curahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat.
Dalam makalah ini, penyusun mencoba memaparkan bagaimana pentingnya kebudayaan sehingga harus dilestarikan oleh segenap masyarakat dan di dukung oleh pemerintah. Kontribusi apa yang harus diberikan oleh pemerintah dan masyarakat sehingga kebudayaan bangsa ini dapat terus terpelihara dan dikenal oleh masyarakat dunia.
Makalah ini mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk itu, saran dan kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan hati terbuka. Semoga tulisan dari makalah ini dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada segenap rekan semua yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.


                                                                                                                                    

Bekasi, 16 Maret 2012
                                                                                                                        

    Penyusun













DAFTAR ISI
Pernyataan………...........................................................................................        i
Kata Pengantar…………................................................................................        ii
Daftar Isi…......................................................................................................        iii

Bab 1 Pendahuluan…….............................................................................. ....       1
1.Latar Belakang..............................................................................................       1
2.Tujuan...........................................................................................................       2
3.Sasaran........................................................................................................        2

Bab 2 Permasalahan.........................................................................................       3         
1.Kekuatan......................................................................................................       3
2.Kelemahan....................................................................................................       4
3.Peluang......................................................................................... ...............       5
4.Tantangan/Hambatan.....................................................................................       6

Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi................................................ ..............        7
1.Kesimpulan...................................................................................................       7
2.Rekomendasi................................................................................................       7
3.Referensi.......................................................................................................       8






BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kebudayaan, dengan beberapa banyak keberagaman kebudayaan yang dimiliki oleh setiap masing-masing daerah dan wilayah di indonesia. Dengan hal tersebut itu merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa indonesia sendiri dimana dengan keberagaman kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan wilayah akan tetapi masyarakatnya dapat tetap bersatu tanpa memandang perbedaan antar budaya dan akan tetap bersatu sebagai bangsa indonesia.
Dari semua kebudayaan yang di miliki oleh bangsa indonesia , masing-masing  kebudayaan memiliki karakteristik yang unik dan berbeda-beda antar kebudayan yang satu dengan yang lainnya. Dengan ciri khas yang dimiliki oleh kebudayaan daerah tersebut juga dapat menggambarkan keadaan atau potensi daerah tersebut itu sendiri. Dan inilah yang menarik mata dunia sehingga kebudayaan indonesia tidak hanya disukai dan dikenal oleh masyarakat indonesia sendiri akan tetapi oleh masyarakat dunia, tak heran banyak sekali parawisatawan yang berkunjung ke indonesia bukan hanya untuk berlibur tapi untuk mengenal bahkan mempelajari kebudayaan yang ada di indonesia. Dilihat dari keseniannya , kemudian setiap daerah juga memiliki rumah adat dan pakaian adat yang berbeda-beda , dan adat istiadatnya yang sangat menarik dapat mengundang parawisatawan untuk berkunjung ke indonesia. Selain itu disisi lain juga setiap kebudayaan memiliki peran yang sangat kuat untuk menunjang kebudayaan nasional itu sendiri.
Dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia seharusnya dapat menyadari semua masyarakat dan kalangan bahwa Negara kita ini adalah salah satu Negara yang kaya akan budaya di masa saat ini. Tetapi sangat disayangkan di masa sekarang banyak sekali masyarakat Indonesia lebih tertarik akan kebudayaan asing yang menurut mereka lebih enak di pandang pada era modern saat ini tak sedikit pula para generasi muda saat ini yang mengikuti trend tersebut. Sehingga dengan hal tersebut banyak dari  kebudayaan bangsa Indonesia yang mulai memudar akan kelestariaanya, padahal banyak juga dari pihak asing yang tertarik akan budaya bangsa Indonesia.
Bukan hanya dari pihak masyarakat sendiri yang tidak peka akan budaya bangsa Indonesia sendiri akan tetapi dari pihak pemerintah juga harus bertanggung jawab akan pelestarian dam mempertahankan budaya bangsa Indonesia itu sendiri. Namun justru banyak sekali dari pihak pemerintah yang kurang sadar akan pelestarian budayanya sendiri. Mereka baru tersadar dan bertindak  saat budaya bangsa Indonesia ada yang ditiru bahkan direbut oleh bangsa lain. Tentu hal ini tak bisa di biarkan terus menerus, bisa-bisa kebudayaan bangsa indonesia akan habis satu per satu.
Perlu adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah masing bahkan nasional untuk meningkatkan peran mempertahankan akan keutuhan dan ketahanan budaya bangsa kita sendiri. Sehingga bangsa Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang utuh dan kuat yang kaya akan kebudayaannya. Sehingga tidak akan ada satu pihak manapun yang akan mengklaim dan mengakui kebudayaan bangsa Indonesia sebagai kebudayaan miliknya sendiri.

2.      TUJUAN
Tujuan dalam pembuatan makalah ini :
o      Untuk Memenuhi Tugas Makalah Ilmu Budaya Dasar.
o  Untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca akan kekayaan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
o Untuk berbagi pengetahuan akan pentingnya menghargai, mencintai dan melestarikan kebudayaannya sendiri.
o      Untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan..
o  Untuk berbagi pengetahuan akan pentingnya peranan pemerintah dan masyarakat dalam kontribusinya di kebudayaan.

3.      SASARAN
Dalam penulisan makalah ini sasaran yang ditujukan adalah semua lapisan masyarakat dan pemerintah indonesia khususnya generasi muda untuk selalu berusaha untuk pentingnya mempertahankan, mencintai dan melestarikan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia supaya tidak di klaim bangsa lain dan tidak akan punah secara perlahan.





BAB II
PERMASALAHAN

Pelestarian budaya adalah hal penting, yang perlu dukungan dari semua pihak. Karena budaya adalah suatu kekayaan yang tidak ternilai namun rentan untuk hilang, baik karena dicuri oleh negara lain, atau kalah saing oleh budaya yang berasal dari luar negri. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tidak boleh hanya memprioritaskan pada bidang politik dan ekonomi saja. Tetapi juga pada bidang budaya, karena budaya adalah bagian dari kehidupan masyarakat karakter bangsa yang perlu memperoleh perhatian.
            Pada jaman globalisasi saat ini mau tidak mau, Indonesia menjadi negara yang terbuka dalam menerima segala hal, oleh karena itu masyarakat perlu mengetahui betapa pentingnya memilih, dan memilah apa saja hal asing yang yang masuk ke Indonesia tanpa membuat buta masyarakat mengenai pentingnya juga mempelajari budaya luar, Analisis permasalahan Kontribusi Pemerintah dan Masyarakat dalam melestarikan kebudayaan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek:

a.        Kekuatan (Strength)

a.    Kekayaan akan budaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah.
Kekuatan akan seni budaya yang di miliki oleh masing-masig daerah merupakan inti dari kekuatan suatu bangsa. Pengetahuan dan kepemilikan seni dan budaya mencerminkan sikap interaksi suatu bangsa.

b.    Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Kekayaan alam yang dimiliki bangsa indonesia sangat melimpah , dan sangat baik sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan produksi-produksi alat kesenian dan kebudayaan.

c.    Kemajuan tingkat  teknologi.
Semakin berkembang pesatnya teknologi pada zaman modern saat ini membuat perkembangan kebudayaan juga akan naik , kemajuan teknologi juga di gunakan untuk mempromosikan kebudayaan suatu bangsa melalui media elektronik.
d.   Rasa nasionalisme yang kuat.
Nasionalisme merupakan salah satu kekutan kontribusi terbesar dalam menunjang perkembangan kebudayaan , dikarenakan dengan adanya nasionalisme tersebut membuat kebudayaan bangsa Indonesia sendiri akan berasa hidup.

e.    Rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi.
Selain nasionalisme yang kuat , tetapi rasa persatuan dan kesatuan juga merupakan salah satu kekuatan besar untuk melestarikan kebudayan Indonesia , jika semua masyarakat bersatu pasti akan semakin kuat kebudayaan indonesia baik didalam maupun diluar negeri.

f.     Sudah banyaknya Sekolah atau Institut yang mempelajari kesenian budaya.
Dengan sudah berkembang pesatnya teknologi tanpa di tunjang dengan pendidikan yang terarah makan tidak akan tercapai suatu  tujuan kebudayaan yang benar. Karena ilmu tentang kebudayaan harus diajarkan sejak dini didalam sekolah atau institusi supaya lebih terarah.

b.        Kelemahan (Weakness)

a.         Kurangnya rasa kesadaran masyarakat dan pemerintah akan kebudayaan.
Masyarakat dan pemerintah yang kurang sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayan membuat kebudayaan kurang lebih terkenala pada zaman modern saat ini.

b.         Kurangnya sarana dan prasarana dari pemerintah.
     Sarana dan Prasana yang berikan oleh pemerintah masih sangat jauh dari cukup. Lihat saja dari tempat kebudayaan yang sangat kurang perhatian dan transportasi penunjang yang jauh dari kata layak.

c.         Lemahnya pertahanan bangsa Indonesia.
     Kekuatan pertahan bangsa Indonesia sangat mudah digoyahkan oleh bangsa lain , karna kurang kuatnya sisitem pertahananya.


d.        Lebih cepat tanggapnya generasi muda akan budaya asing yang lebih modern.
Generasi muda saat ini sangat cepat dengan mudah terpengaruh oleh kebudayaan dari asing karna menurut mereka kebudayaan asing lebih cocok dengan era modern saat ini.

e.   Kurangnya pasokan dana dari pemerintah pusat atau daerah untuk lebih mengembangkan kebudayaannya.
Anggaran dana yang diberikan oleh pemerintah untuk memajukan kebudayaan itu masih sangat rendah dibandingkan pemerintah memberikan subsidi dana untuk bidang atau urusan lain. Misalnya saja untuk study banding anggota dewan atau pelesiran anggota dewan ke luar negeri seharusnya dana tersebut masih bisa dimaksimalkan untuk kepentingan lain misal untuk memajukan atau memodernkan kebudayaan bangsa Indonesia.

c.         Peluang (Opportunity)

a. Kuatnya budaya bangsa, memperkokoh rasa persatuan Usaha masyarakat dalam mempertahankan budaya daerah agar dapat memperkokoh budaya bangsa, juga dapat memperkokoh persatuan.

b.  Dengan adanya pengetahuan dalam bidang budaya agar memungkinkan masyarakat lebih mengenal kebudayaan nasional.

c.     Hubungan baik dengan negara lain dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya bangsa Indonesia sendiri ke negara lain.

d.      Dengan berkembangnya kebudayaan bangsa indonesia maka akan meningkatkan potensi wisata sendiri , dengan banyakanya para wisatawan yang akan berkunjung ke indonesia untuk melihat atau mempelajari tantang kebudayaan Indonesia.

e.   Dengan berkembangnya teknologi informasi pada era globalisasi saat ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan kebudayaan indonesia melalui jaringan internet atau media elektronik laiinya.

f.       Dengan dapat mempromosikan secara baik kebudayaan Indonesia maka dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan hasil produk-produk dari dalam negeri itu sendiri sehingga bukan hanya negara Indonesia yang mendapat kentungan tetapi juga masyarakat atau  pengrajin seni budaya di Indonesia.


d.        Tantangan/Hambatan (Threats)

a.       Kurangnya kepeduliannya masyrakat dan pemerintah akan kebudayaan.
Salah satu hambatannya juga termasuk kurang cepat tanggapnya pemerintah dan masyarakat akan kemajauan kebudayaan nasioanal. Dan lebih tanggap untuk menjaga kebudayaan indonesia untuk tidak di klaim oleh bangsa lain.

b.      Perubahan zaman yang menjadi modernsasi.
Dengan hal ini sangat berpengaruh terhapap kebudayaan nasional terutama kepada para generasi muda.

c.       Akibat semakin berkembangnya teknologi
Dengan perkembangan teknologi juga dapat memberikan efek yang negatif untuk kebudayaan nasional , dikarenakan sangat mudahnya juga masuknya budaya asing kedalam bangsa Indonesia.

d.      Hubungan yang kurang baik antar bangsa
Dimana hubungan diplomatik bangsa Indonesia ada yang kurang bersahabat dengan beberapa negara. Misalnya saja dengan negara tetangga Malaysia yang saat ini kurang baik dalam bidang kebudayaan , yang dimana Malaysia mengkalim beberapa kebudayaan dari Indonesia.






BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1.        KESIMPULAN

Kebudayaan masyarakat indonesia sangat beraneka ragam karena terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, golongan politik dan sebagainya. Keragaman kebudayaan inilah yang menyebabkan masyarakat di Indonesia menjadi unik dan berbeda dengan masyarakat lainnya didunia. Di era globalisasi saat ini budaya nasional menjadi bagian penting negara indonesia selain menjadi aset dari bangsa indonesia itu sendiri yang dapat mendatangkan keuntungan secara material bagi bangsa indonesia sendiri maupun masyarakat.
Pemerintah dan Masyarakat wajib untuk menjaga dan melestarikan budaya nasional karena budaya nasional merupakan identitas suatu negara. Kontribusi pemerintah dan masyarakat sangat penting demi berkembanganya kebudayaan bangsa indonesia dan harus mempunyai kesatuan yang kuat untuk membendung budaya dari asing atau luar, sehingga akan dapat terwujudnya suatu budaya nasional yang modern dan kuat dari pengaruh budaya dari luar.

2.        REKOMENDASI

a.       Pemerintah dan Masyarakat harus menjaga dan melestarikan budaya nasional.
b.      Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melestarikan budaya nasional.
c.       Menjalin hubungan yang baik antar negara-negara lainnya.
d.      Mengahargai dan mencintai kebudayaan bangsa indonesia daripada kebudayaan asing atau luar.
e.  Penambahan tentang pengetahuan ilmu kebudayaan dalam pembelajaran di sekolah maupun institusi perguruan tinggi.
f.       Mencintai produk hasil dalam negeri dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.



REFRENSI :












About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: