Facebook Twitter Google RSS

Selasa, 11 Juni 2013

ANALISIS MENGENAI PERILAKU KONSUMEN PADA SUATU PRODUK DAN BAGAIMANA KONSUMEN MENDAPATKAN KEPUASAN MAKSIMAL DARI SUATU PRODUK




Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. 
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Jadi perilaku konsumen itu sendiri terhadap suatu produk tergantung dari nilai barang berharga jual rendah (low-involvement) dimana proses ini pengambil keputusan dapat dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses ini pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang sehingga dapat mendapat kan kepuasan tersendiri dari produk tersebut.

Beberapa Faktor yang mempengaruhi konsumen sehingga mendapatkan kepuasan maksimal dari suatu produk :

1. Kualitas dari Produk itu sendiri (Highest Quality)
Seorang konsumen yang memperhatikan low ataupun high-involment selalu memeperhatikan kualitas dari produk itu sendiri dikarenakan seorang konsumen ingin mendapatkan barang yang sesuai dengan kualitasnya.

2. Pelayanan dari penjual (Best Service)
Suatu unit usaha atau perusahaan yang bergerak di bidang retail pasti selalu dihadapkan dengan bermacam-macam  tipe konsumen, dan di pastikan  konsumen itu sendiri dapat mempertimbangkan perusahaan atau unit usaha mana yang memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen merasa puas atas pelayanannya.

3. Harga Barang (Lowest Prices)
Seorang konsumen lebih tertarik dengan harga barang yang murah tetapi dengan kualitas yang terbaik, sehingga perbandingan untuk harga lebih menitik beratkan mpada kemampuan masing-masing konsumen itu sendiri.


About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: