Facebook Twitter Google RSS

Kamis, 09 Oktober 2014

TELEMATIKA DAN ARAH PERKEMBANGANNYA DI MASA DEPAN


Apa itu Telematika ???
    Telematika merupakan kependekan dari Telekomunikasi dan Informatika. Dimana Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari suatu tempat ke tempat lain baik dari jarak dekat maupun jarak jauh. Sedangkan Informatika adalah disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi dimana di dalamnya mencakup bidang jaringan, sistem informasi, ilmu komputer dan aplikasi informasi. Jadi Telematika itu sendiri dapat diartikan sebagai media jaringan komunikasi jarak jauh yang menjangkau seluruh dunia dengan teknologi informasi yang lebih singkat dan cepat dengan berhubungan menggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi.


Bagaimana Pemanfaatan Telematika ???
       Menurut saya pemanfaatan telematika dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Dikarenakan pada saat sekarang penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan untuk memperoleh informasi maupun komunikasi secara cepat dan mudah kapanpun dan dimanapun tempatnya. Pemanfaatan telematika lebih sering di dengar di khayalak ramai di dalam bidang hukum seperti dalam pengungkapan kasus foto maupun video asusila untuk membuktikan kebenarannya. Selain itu istilah telematika sering digunakan dalam berbagai bidang, salah satu contohnya :
a.       Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
b.      Teknologi Sistem Navigasi / Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Selain itu telematika juga dapat digunakan dalam bidang lain seperti Bidang Pendidikan, Pemerintahan, Sosial, Politik, Industri dan lain-lain.


Bagaimana Perkembangan Telematika dalam Teknologi Informasi sampai saat ini ???
      Perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang waktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000-an, berikut informasi perkembangannya :

- Pada era 1980an sudah mulai dirintis teknologi telematika yang signifikan. Meliputi jaringan telepon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer, walaupun penggunaannya masih terbatas.

- Pada tahun 1990an, Telematika sudah mulai dikenal dan dimanfaatkan oleh hampir semua masyarakat. Kreatifitas anak muda dalam mengembangkan radio amatir sudah mulai dilakukan.

- Pada tahun 2000an pemerintah Indonesia nampaknya mulai serius dalam menanggapi perkembangan telekomunikasi. di era inilah banyak terciptanya handphone dengan segala jenis fitur unggulan sebagai sarana komunikasi mobile. Dan kini, penggunaan handphone tak terbatas pada telepon dan SMS saja, melainkan sudah dapat internet, mentransfer data/informasi, video call, chatting, fasilitas penyimpanan data, pemrosesan gambar (kamera) dll. Jaringan pada handphone berupa satelit jaringan GSM/CDMA, jaringan transmisi data (1G, 2G, 3G, 4G), wi-fi (wireless), dan lain-lain.


Bagaimana Arah Perkembangan Telematika dimasa yang akan datang ???
       Menurut saya perkembangan Telematika dimasa yang akan datang akan sangat cepat karena di dorong dengan makin berkembangnya teknologi informasi dan permintaan kebutuhan manusia dalam untuk memperoleh informasi semakin tinggi, maka tidak menutup kemungkinan di era mendatang telematika sangat di perlukan lebih lagi sehingga dapat mempermudah kegiatan manusia (user) dalam berbagai hal dalam semua bidang.

Sumber :

http://suciptoardi.wordpress.com/2008/05/15/perkembangan-telematika-di-indonesia/

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: