Facebook Twitter Google RSS

Senin, 10 November 2014

LAYANAN TELEMATIKA

TEMA 1 : LAYANAN TELEMATIKA


     Layanan Telematika adalah Layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang di dasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh dari Telematika. Dan Layanan Telematika itu sendiri dibagi dalam berbagai macam jenis layanan diantaranya :

  • Layanan Telematika dalam Bidang Informasi

Layanan informasi (Information Service) disini merupakan gabungan suatu sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak yang dapat menghasilkan informasi yang bermakna. Misalnya saja Internet dimana disitu dapat memberikan layanan informasi. Dan Teknologi GPS dimana penggabungan telekomunikasi digital dan teknologi komputer yang memainkan peran penting dalam komunikasi antara manusia dengan kendaraaan yang bergerak.

  • Layanan Telematika dalam Bidang Keamanan

Layanan keamanan (Security Service) disini digunakan untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. Dan kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan yang ada seperti cyber crime, kesalahan enskripsi. Contoh dari layanan keamanan disini adalah , Penggunaan Firewall dan Anti Virus.

  • Layanan Context Aware dan Event – Based

Layanan Context awareness memiliki kemampuan sistem yang dapat
memahami user, network, lingkungan, dan dengan pemahaman tersebut
dapat melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan user. Ada
tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware menurut
Albrecht Schmidt, yaitu:
a. The acquisition of context
b. The abstraction and understanding of context
c. Application behaviour based on the recognized context.

Navigation
Navigasi merupakan suatu proses untuk membaca dan mengendalikan pergerakan suatu kendaraan atau benda dari satu tempat ke tempat lain.

Global Navigation Satellite System atau GNSS
GNSS merupakan sebuah istilah untuk sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi dengan lingkup yang global atau luas.

LBS (Location-Based Service)
LBS (location-based service) merupakan bagian yang lebih sederhana dalam context awareness, pada saat user mencari keyword tertentu, maka ia akan mendapatkan hasil yang berbeda tergantung pada posisi user.

  • Layanan Perbaikan Sumber

Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.


Sumber :
http://lookshe.blogspot.com/2012/11/layanan-telematika-teknologi-wireless.html

http://novatyas.blogspot.com/2012/12/layanan-telematika-teknologi-wireless.html

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: