Facebook Twitter Google RSS

Selasa, 19 Mei 2015

UU No 39 Tahun 1999 Pasal 39 Ayat 1 & 2 Tentang Telekomunikasi

UNDANG – UNDANG REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 36 TAHUN 1999
TENTANG  TELEKOMUNIKASI

PASAL 39 AYAT 1 :
“Penyelenggara telekomunikasi wajib melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap instalasi dalam jaringan telekomunikasi yang digunakan untuk penyelenggaraan telekomunikasi.

PASAL 39 AYAT 2 :
“Ketentuan pengamanan dan perlindungan sebagaimana dimaksud ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah”.

Penjelasan :
Dimana setiap penginstalan jaringan telekomunikasi diperlukan sebuah pengamanan dan perlindungan sehingga penyelenggaraan telekomunikasi dapat berjalan dengan aman dan lancar. Selain itu saat ini sudah memasuki era digital yang semuanya hamper berbasis cloud computing yang jaringan komputer digunakan sebagai media komunikasinya. Dalam hal ini diperlukan pengamanan dan perlindungan telekomunikasi diantaranya dengan:

- Authentikasi, merupakan pemberian otentikasi terhadap data yang akan dilakukan pertukaran seperti pemberian password dan lain sebagainya.

- Enkripsi data, merupakan proses melakukan pengacakaan data ketika data sedang dilakuan pertukaran data dan di dekripsi ketika data hendak dibaca kembali.

Selain itu dalam melakukan pengamanan dat perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Bencana (disaster), bencana disini dapat berupa bencana alam dan bencana akibat kelalaian manusia. Perlu juga melakukan pengamanan dalam menanggulangi masalah seperti ini misalnya dengan cara melakukan backup secara cloud.
- Sistem pengamanan, dalam hal ini perlu juga adanya prosedur dalam mengamankan data seperti cara - cara dalam mengamankan data.
- Kesalahan (error), dalam hal ini merupakan kesalahan dalam sistem komputer itu sendiri, misalnya ada kegagalan perangkat lunak dan perlu adanya langkah-langkah dalam mengamankan data.
Dan semua ketentuan tentang pengamanan dan perlindungan sudah diatur sesuai dengan peraturan pemerintah dan undang – undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia.



 Refrensi : 
http://wizardreza.blogspot.com/2014/12/pengamanan-data-dalam-telekomunikasi.html

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →