Facebook Twitter Google RSS

Senin, 02 April 2012

Makalah 2 - Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa

Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh
KETAHANAN Budaya Bangsa




Disusun Oleh :
Nama       :           Ricky Reza Pahlevi
NPM        :           16111129
Kelas        :           1KA41


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
S1 – Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
2011 – 2012





Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh
KETAHANAN Budaya Bangsa

Kelas  :  1-KA41
Tanggal Penyerahan Makalah : 03 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  04 April 2012

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
16111129
Ricky Reza Pahlevi

P e n y u s u n



Program Sarjana Sistem Informasi

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

KATA PENGANTAR

          
Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tiada henti-hentinya sehingga penulis masih diberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan makalah Ilmu Budaya Dasar tentang pentingnya Peran Budaya Daerah Dalam Memperkokoh Ketahanan Budaya Bangsa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Shalawat serta salam kita senantiasa curahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat.
Dalam makalah ini, penyusun mencoba memaparkan bagaimana pentingnya peran kebudayaan terhadap ketahanan budaya bangsa  sehingga kebudayaan harus dilestarikan dan dijaga oleh segenap lapisan masyarakat. Dan kita sebagai generasi muda harus dapat ikut serta dalam upaya untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa , baik dari kebudayaan daerah masing-masing maupun kebudayaan nasional itu sendiri. Dengan ditingkatkan lagi pemeliharaan dan pelestarian budaya daerah diseluruh bangsa indonesia maka akan semakin terciptanya kebudayaan daerah yang kuat yang akan menopang kebudayaan bangsa indonesia itu sendiri. Dengan sendirinya maka kebudayaan bangsa indonesia akan lebih kuat lagi , bukan hanya di mata bangsa sendiri tetapi di mata dunia.
 Makalah ini mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk itu, saran dan kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan hati terbuka. Semoga tulisan dari makalah ini dapat memberikan manfaat kepada pembacanya.
Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada segenap rekan semua yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.
                                                                                                                         
   Bekasi, 03 April 2012
                                                                                                                       
    Penyusun



 


DAFTAR ISI
Pernyataan……….........................................................................          i
Kata Pengantar…………..............................................................          ii
Daftar Isi…...................................................................................          iii

Bab 1 Pendahuluan……................................................................          1
1.Latar Belakang...........................................................................          1
2.Tujuan........................................................................................          2
3.Sasaran......................................................................................          2

Bab 2 Permasalahan.....................................................................           3         
1.Kekuatan..................................................................................           3
2.Kelemahan...............................................................................            4
3.Peluang....................................................................................            5
4.Tantangan/Hambatan................................................................            6

Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi..........................................             7
1.Kesimpulan.............................................................................             7
2.Rekomendasi..........................................................................             7
3.Referensi................................................................................              8





BAB I
PENDAHULUAN
a.      LATAR BELAKANG
Kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta berasal dari kata “Budhayah” yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin berasal dari kata “Colere” yang berarti mengolah tanah. Jadi kebudayaan dikaji secara umum adalah segala sesuatu yanah dihasilkan oleh budi pekerti (pikiran) manusia yang bertujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya dan dapat diartikan pula dengan usaha untuk dapat  melangsungkan dan mempertahankan hidup didalam lingkungannya.
Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai daratan yang sangat amat luas , dan disisi lain banyak terdapat pulau-pulau yang membentang dari ujung sabang sampai merauke , maka dari hal itu pula yang menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan. Dengan hal tersebut juga yang mengantarkan bangsa Indonesia adalah salah satu negara yang jumlah penduduknya terbanyak di dunia. Dengan banyaknya jumlah penduduk yang menetap di Indonesia , maka semakin banyak juga terdapat berbagai macam suku , ras , etnis , agama , adat istiadat , budaya dan hal lain sebagainya. Dengan banyaknya pulau diseluruh indonesia yang dibatasi langsug oleh lautan atau perairan , maka akan banyak terjadi keanekaragaman budaya , keunikan bahkan ciri khas dari setiap masing-masing daerah dengan daerah lainnya , sehingga dapat mencerminkan ke dunia internasional bahwa bangsa Indonesia bukan hanya kaya akan alam saja tetapi juga kaya akan kebudayaan nasionalnya.
Kebudayaan  juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga serta dilestarikan dengan baik oleh para penerus bangsa. Budaya lokal Indonesia beranekaragam sesuai dengan potensi yang dimiliki Indonesia sebagai negara majemuk yang terdiri dari banyak pulau, suku, dan sumber daya lainnya. Dan dilihat dari perkembangan dan pertumbuhan teknologi informasi yang tinggi pada sekarang ini bukan hanya Warga Negara Indonesia sendiri yang ingin mempelajari kebudayaan bangsa sendiri tetapi bahkan Warga Negara Asing yang tujuan awalnya hanya untuk berwisata atau berlibur dan sebagainnya tetapi semangat mereka untuk mempelajari bahkan mendalami kebudayaan tentang Indonesia selalu ada.
Namun dilihat dari zaman sekarang ini banyak sekali para generasi muda yang cepat tanggap dengan kebudayaan dari bangsa asing atau luar. Sehingga posisi dari kebudayaan lokal atau daerah dari bangsa Indonesia sendiri pada zaman sekarang ini semakin kelihatan mulai tenggelam dan memudar kelestariaanya dari kebudayaan asing. Dan hal tersebut tidak boleh dibiarkan , seharusnya perlu adanya peningkatan yang ekstra akan peran-peran kebudayaan tiap masing-masing daerah yang didukung dari masyarakat bahakan pemerintah daerah. Sehingga bangsa Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang utuh dan kaya akan kebudayaan dari tiap-tiap daerah , tetapi juga tigkat nasional. Dan peran budaya daerah dalam ikut serta memperkokoh ketahanan budaya bangsa yang sangat penting tersebut bukan hanya ucapan saja tetapi akan menjadi sebuah kenyataan yang realitis.

b.      TUJUAN
Tujuan dalam pembuatan makalah ini :
o   Untuk Memenuhi Tugas Makalah Ilmu Budaya Dasar.
o   Untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca akan kekayaan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
o   Untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca akan pentingnya manjaga , melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.
o   Untuk memberikan informasi tentang peranan budaya daerah untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa Indonesia.
o   Untuk memotivasi para pembaca khususnya generasi muda untuk ikut serta dalam upaya menjaga ketahan budaya bangsa indonesia dengan melertarikan kebudayaan daerah.

c.       SASARAN
Dalam penulisan makalah ini sasaran yang ditujukan adalah semua lapisan masyarakat indonesia khususnya generasi muda untuk tetap selalu berusaha untuk pentingnya mempertahankan, mencintai dan melestarikan kebudayaan daerah yang dimiliki bangsa Indonesia guna memperkokoh kebudayaan nasionala supaya tidak dapat di klaim bangsa lain dan tidak akan punah secara perlahan.





BAB II
PERMASALAHAN

 Kebudayaan daerah Indonesia yang beranekaragam menjadi suatu kebanggaan juga bagi bangsa indonesia. Merupakan sebuah tantangan untuk mempertahankan, serta melestarikannya kepada generasi selanjutnya. Kebudayaan  Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri.
              Masuknya budaya asing merupakan salah satu faktor yang menyebabkan budaya daerah dari masing daerah di indonesia mulai dilupakan dimasa sekarang ini. Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.
              Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan kebudayaan daerah untuk memperkokoh ketahanan kebudayaan bangsa. Budaya daerah adalah suatu identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, kebudayaan daerah  harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. dan disisi lain tidak menutup kemungkinan kita butuh juga dengan kebudayaan asing untuk perkembangan bangsa indonesia , tetapi harus sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan. Analisis permasalahan “Peran budaya daerah dalam memperkokoh ketahanan budaya bangsa” dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek:

a.        Kekuatan (Strength)

a.    Keanekaragaman budaya daerah bangsa indonesia.
Keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia merupakan kebanggaan dan keunggulan bangsa indonesia. Bila dibandingkan dengan hal  lain , kebudayaan bangsa indonesia merupakan aset yang sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan bangsa indonesia itu sendiri.

b.    Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
Kekayaan alam yang dimiliki bangsa indonesia sangat melimpah , dan sangat baik sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan produksi-produksi alat kesenian dan kebudayaan.
c.    Kebudayaan daerah merupakan tonggak ketahanan kebudayaan bangsa.
Kesatuan budaya daerah yang dimiliki Indonesia merupakan budaya bangsa yang mewakili identitas negara Indonesia. Untuk itu, budaya lokal harus tetap dijaga serta dilestarikan dengan baik agar budaya bangsa tetap kokoh.

d.   Keunikan yang dimiliki masing-masing kebudayaan di indonesia.
Keunikan dari masing-masing daerah yang ada di indonesia membuat bangsa Indonesia membuat berbeda dengan negara lain , karena bangsa indonesia memiliki keunikan seperti Rumah Adat , Pakaian Adat dan tarian dari masing-masing daerah.

b.        Kelemahan (Weakness)

a.         Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah.
Masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayan daerah membuat kebudayaan daerah semakin tertinggal atau kurang  terkenal pada zaman modern saat ini.

b.         Lemahnya pertahanan bangsa Indonesia.
     Kekuatan pertahan bangsa Indonesia sangat mudah digoyahkan oleh bangsa lain , karna kurang kuatnya sisitem pertahananya.

c.         Lebih cepat tanggapnya generasi muda akan budaya asing yang lebih modern.
Generasi muda saat ini sangat cepat dengan mudah terpengaruh oleh kebudayaan dari asing karna menurut mereka kebudayaan asing lebih cocok dengan era modern saat ini.

d.        Sering terjadinya perpecahan karna kurangnya komunikasi kebudayaan.
Dikarenakan banyak nya daerah di Indonesia , maka semakin ragam pula kebudayaan yang dimiliki setiap masing-masing daerah , dan dengan hal tersebut banyak yang membuat perbedaan antar daerah sehingga sering terjadinya perpecahan karena kurangnya komunikasi antar daerah.
c.         Peluang (Opportunity)

a.       Kuatnya budaya bangsa, dapat memperkokoh rasa persatuan. Usaha masyarakat dalam mempertahankan budaya daerah agar dapat memperkokoh budaya bangsa dan juga dapat memperkokoh persatuan.

b.      Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Indonesia untuk melihat kebudayaan daerah bangsa indonesia , maka akan menambah pemasukan devisa negara.


c.       Dapat meningkatkan citra dan wibawa bangsa  Indonesia di mata dunia , dengan mempunyai banyaknya keunikan yang dimiliki oleh setiap kebudayaan daerah di bangsa Indonesia.

d.      Dengan semakin banyaknya pengetahuan tentang kebudayaan daerah , maka akan semakin menambah pengetahuan yang dapat di ambil bagi para generasi muda yang kedepannya sebagai kekuatan untuk memperkokoh kebudayaan daerah bangsa Indonesia.


d.        Tantangan/Hambatan (Threats)

a.       Kurangnya kepeduliannya masyarakat akan kebudayaan daerah.
Salah satu hambatannya juga termasuk kurang cepat tanggapnya masyarakat akan kemajauan kebudayaan nasioanal maupun daerah. Dan masyarakat harus lebih tanggap untuk menjaga kebudayaan indonesia supaya tidak di klaim oleh bangsa lain.

b.      Perubahan zaman yang menjadi modernsasi.
Dengan hal ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan kebudayaan nasional ataupun daerah sehingga generasi muda tidak tepengaruh oleh  kebudayaan asing.

c.       Akibat semakin berkembangnya teknologi
Dengan perkembangan teknologi juga dapat memberikan efek yang negatif untuk kebudayaan daerah , dikarenakan sangat mudahnya juga masuknya budaya asing kedalam bangsa Indonesia.

d.      Kondisi alam
Kondisi alam yang tak menentu membuat kemajuan budaya daerah agak terbelakang karena kondisi alam yang  mendukung sering berubah-ubah sehingga kondisi dari masyarakat nya pun ikut berubah-ubah gak menentu.





BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.        KESIMPULAN
Kebudayaan daerah bangsa indonesia yang beranekaragam bukan digunakan sebagai ancaman yang dapat membuat perbedaan antara masyarakat daerah satu dengan daerah lainnya , tetapi seharusnya dapat digunakan untuk pemersatu bangsa antar daerah , sehingga tidak akan lagi terjadinya selisih antar sesama masyarakat yang disebabkan oleh perbedaan kebudayaan daerah.
Disisi lain dari pihak bangsa Indonesia disini adalah pemerintah seharusnya  tetap mendukung kemajuan akan kebudayaan daerah yang dimiliki oleh bangsa indonesia , sehingga kebudayaan daerah tersebut tidak dapat diambil alih oleh daerah lain bahkan diambil alih oleh bangsa lain.
Kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa indonesia harus dialokasikan sebagai salah satu sumber pendukung untuk kemajuan kebudayaan daerah , dengan cara melestarikan alam maka akan dapat membuat hasil-hasil alam yang nantinya digunakan untuk bahan pembuatan alat-alat budaya yang terbuat dari bahan-bahan  alam.Dengan hal-hal tersebut maka kebudayaan daerah pada zaman modern saat ini akan semakin tetap bertahan eksistensi nya dalam memperkokoh ketahanaan budaya bangsa dan akan dapat bersaing dengan kebudayaan asing atau dari luar.

2.        REKOMENDASI

a.       Masyarakat bahkan para generasi muda  harus dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah.
b.      Meningkatkan sistem pertahanan bangsa indonesia supaya kebudayaan tidak diklaim oleh bangsa lain.
c.       Mengahargai dan mencintai kebudayaan bangsa indonesia daripada kebudayaan asing atau luar.
d.      Mencintai produk hasil dalam negeri dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.
e.       Menjaga Keharmonisan komunikasi kebudayaan antar daerah sehingga tidak terjadi perbedaan dam menimbulkan perselisihan antar budaya.



REFRENSI :

http://www.google.com/peran-budaya-daerah-dalam-memperkokoh-ketahanan-budaya-bangsa










About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: