Peran
UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya
Disusun Oleh :
Nama : Ricky
Reza Pahlevi
NPM : 16111129
Kelas : 1KA41
Fakultas Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi
S1 – Sistem
Informasi
Universitas
Gunadarma
2011 – 2012
Mata Kuliah : Ilmu
Budaya
Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM
PELESTARIAN NILAI-NILAI Budaya
Kelas : 1-KA41
Tanggal Penyerahan Makalah : 17 April 2012
Tanggal Upload Makalah : 18 April 2012
P E R N Y A T A A N
Dengan
ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya
buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila
terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100
untuk mata kuliah ini.
N P M
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
16111129
|
Ricky Reza Pahlevi
|
P e n y u s u n
Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia yang tiada henti-hentinya sehingga penulis masih diberi kesempatan untuk dapat menyelesaikan makalah Ilmu Budaya Dasar tentang pentingnya “Peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya” sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Shalawat serta salam kita senantiasa curahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat.
Dalam makalah ini,
penyusun mencoba memaparkan bagaimana pentingnya peran keikutsertaan Univeristas Gunadarma dalam pelestariaan budaya. Dan
kita sebagai Mahasiswa yang berada dalam lingkungan Universitas Gunadarma harus
dapat ikut serta dalam upaya untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa.
Dengan demikian maka kebudayaan bangsa indonesia akan lebih kuat lagi , bukan
hanya di mata bangsa sendiri tetapi di mata dunia.
Makalah ini
mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi tulisan maupun materi. Untuk
itu, saran dan kritik yang bersifat membangun senantiasa penyusun terima dengan
hati terbuka. Semoga tulisan dari makalah ini dapat memberikan manfaat kepada
pembacanya.
Akhir kata penyusun mengucapkan terima kasih kepada
segenap rekan semua yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga
Allah SWT senantiasa memberkahi kita semua.
Bekasi,
17 April 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
Pernyataan……….................................................................. i
Kata
Pengantar…………....................................................... ii
Daftar
Isi…............................................................................. iii
Bab 1 Pendahuluan
1.Latar
Belakang...................................................................... 1
2.Tujuan................................................................................... 2
3.Sasaran................................................................................. 3
Bab 2 Permasalahan
1.Kekuatan.............................................................................. 4
2.Kelemahan........................................................................... 6
3.Peluang................................................................................. 7
4.Tantangan/Hambatan.............................................................
8
Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi
1.Kesimpulan....................................................................... 9
2.Rekomendasi.................................................................... 9
3.Referensi.......................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
a.
LATAR BELAKANG
Indonesia memiliki Keanekaragaman budaya
yang dipandang sebagai sebuah kekayaan bukan kemiskinan. Bahwa Indonesia tidak
memiliki identitas budaya yang tunggal bukan berarti tidak memiliki jati diri,
namun dengan keanekaragaman budaya yang ada membuktikan bahwa masyarakat kita
memiliki kualitas produksi budaya yang luar biasa, jika mengacu pada pengertian
bahwa kebudayaan adalah hasil cipta manusia.
Kebudayaan merupakan salah satu
tonggak tolak ukur kemajuan suatu bangsa, dimana dengan terkenalnya budaya
bangsa di dunia maka akan menaikan sendiri pamor derajat atau kemajuan suatu
bangsa itu sendiri , karena dengan memperkenalkan budaya bangsa ke dunia dapat
memperoleh pandangan dari warga asing sehingga akan banyak yang akan berkunjung
ke Indonesia untuk mempelajari kebudayaan bangsa Indonesia maupun untuk
berwisata budaya sehingga akan menghasilkan pandangan yang positif terhadap
kebudayaan bangsa indonesia.
Tetapi dengan semakin
berkembangnya kemajuan teknologi pada saat ini banyak sekali yang mempengaruhi
kebudayaan bangsa Indonesia terutama kebudayaan daerah atau tradisional ,
dimana pada saat ini semakin ditinggalkan oleh peminatnya terutama para generasi
muda, karena kebudayaan daerah menurut mereka kurang menarik di zaman
globalisasi yang modern ini.sehingga pada saat ini kebudayaan modern lebih
berkembang pesat daripada kebudayaan daerah dan tradisional.
Sehubungan dengan keprihatinan itu, mau tidak mau harus disadari dan diakui bahwa eksistensi seni dan budaya daerah di Indonesia semakin lama semakin tergerus oleh ekspansi seni dan budaya global atau modern. Apabila hal ini terus berlangsung, maka kita semakin tidak apresiatif terhadap seni dan budaya daerah, yang pada gilirannya akan terasing dari seni dan budaya sendiri, sehingga akan kehilangan jati diri. Oleh karena itu, berbagai upaya harus dilakukan untuk melestarikan seni dan budaya daerah di tengah-tengah perubahan zaman dan pengaruh budaya asing yang semakin gencar di Indonesia.
Terutama pada saat ini para generasi muda atau Mahasiswa , perlu adanya lagi pemikiran tentang untuk memajukan kebudayaan milik bangsa kita sendiri ketimbang untuk memajukan kebudayaan modern atau asing yang sedang berkembang pada saat ini. Dan salah satu langkahnya adalah peran Universitas sendiri untuk menambahkan beberapa jam mata kuliah tentang peranan penting nya mempertahankan kebudayaan daerah dan bangsa guna memperkokoh ketahanan suatu bangsa , terutama bangsa Indonesia. Sehingga tertanam rasa tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa untuk ikut serta dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia sehingga tidak tergerus oleh kebudayaan modern dari bangsa asing.
Dan sebagai contoh yang kita tulis dalam makalah ini adalah Peran penting Universitas Gunadarma dalam melestarikan nilai-nilai budaya. Salah satunya dengan menambahkan mata kuliah softskill yang menerangkan Ilmu Budaya Dasar yang mencakup tentang berbagai Penjelasan tentang kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa indonesia, dan perananan semua lapisan masyarakat untuk mempertahankan kebudayaan bangsa dimulai dari masyarakat daerah hingga pemerintah pusat. tetapi dalam mata kuliah ini juga menerangkan berbagai permasalahan yang timbul terkait dengan kebudayaan bangsa Indonesia, sehingga selain untuk menambah pengetahuan mahasiswa itu sendiri tentang kebudayaan bangsa Indonesia tetapi digunakan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan rasa tanggung jawab sebagai salah satu bagian penerus bangsa yang harus ikut serta dalam melestarikan dan mempertahankan nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia.
Sehubungan dengan keprihatinan itu, mau tidak mau harus disadari dan diakui bahwa eksistensi seni dan budaya daerah di Indonesia semakin lama semakin tergerus oleh ekspansi seni dan budaya global atau modern. Apabila hal ini terus berlangsung, maka kita semakin tidak apresiatif terhadap seni dan budaya daerah, yang pada gilirannya akan terasing dari seni dan budaya sendiri, sehingga akan kehilangan jati diri. Oleh karena itu, berbagai upaya harus dilakukan untuk melestarikan seni dan budaya daerah di tengah-tengah perubahan zaman dan pengaruh budaya asing yang semakin gencar di Indonesia.
Terutama pada saat ini para generasi muda atau Mahasiswa , perlu adanya lagi pemikiran tentang untuk memajukan kebudayaan milik bangsa kita sendiri ketimbang untuk memajukan kebudayaan modern atau asing yang sedang berkembang pada saat ini. Dan salah satu langkahnya adalah peran Universitas sendiri untuk menambahkan beberapa jam mata kuliah tentang peranan penting nya mempertahankan kebudayaan daerah dan bangsa guna memperkokoh ketahanan suatu bangsa , terutama bangsa Indonesia. Sehingga tertanam rasa tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa untuk ikut serta dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia sehingga tidak tergerus oleh kebudayaan modern dari bangsa asing.
Dan sebagai contoh yang kita tulis dalam makalah ini adalah Peran penting Universitas Gunadarma dalam melestarikan nilai-nilai budaya. Salah satunya dengan menambahkan mata kuliah softskill yang menerangkan Ilmu Budaya Dasar yang mencakup tentang berbagai Penjelasan tentang kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa indonesia, dan perananan semua lapisan masyarakat untuk mempertahankan kebudayaan bangsa dimulai dari masyarakat daerah hingga pemerintah pusat. tetapi dalam mata kuliah ini juga menerangkan berbagai permasalahan yang timbul terkait dengan kebudayaan bangsa Indonesia, sehingga selain untuk menambah pengetahuan mahasiswa itu sendiri tentang kebudayaan bangsa Indonesia tetapi digunakan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan rasa tanggung jawab sebagai salah satu bagian penerus bangsa yang harus ikut serta dalam melestarikan dan mempertahankan nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia.
b.
TUJUAN
Tujuan dalam pembuatan makalah ini :
o Untuk Memenuhi Tugas Makalah Ilmu Budaya Dasar.
o
Untuk berbagi pengetahuan kepada pembaca
akan pentingnya menjaga, melestarikan nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia
terutama Mahasiswa/i Universitas Gunadarma.
o
Untuk memberikan informasi kepada
pembaca terutama Mahasiswa/i Universitas Gunadarma tentang peranan penting
perguruan tinggi (Universitas Gunadarma) dalam ikut serta memperkokoh ,
melestarikan Nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
o Untuk memotivasi para pembaca khususnya Mahasiswa/i Universitas Gunadarma
untuk ikut serta dalam upaya menjaga ketahan budaya bangsa indonesia dengan
melertarikan kebudayaan daerah.
c.
SASARAN
Dalam penulisan makalah ini sasaran yang ditujukan adalah
semua lapisan masyarakat indonesia khususnya para Generasi muda terutama
Mahasiswa/i Universitas Gunadarma untuk tetap selalu berusaha mempertahankan,
mencintai dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan daerah yang dimiliki bangsa
Indonesia guna memperkokoh kebudayaan nasional supaya tidak tergerus oleh waktu
pada zaman yang modern dan globalisasi pada saat ini.
BAB II
PERMASALAHAN
Kebudayaan
nasional Indonesia yang
beranekaragam menjadi suatu kebanggaan juga bagi
bangsa indonesia. Hal terseut Merupakan sebuah tantangan
untuk mempertahankan, serta melestarikannya
nilai-nilai kebudayaan kepada generasi
selanjutnya salah satunya yaitu generasi
muda (Mahasiswa/i). Kebudayaan Indonesia sangat membanggakan karena memiliki
keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri.
Kemajuan dan perkembangan teknologi pada zaman globalisasi modern saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan bangsa Indonesia. Melalui media informasi seperti Televisi, Gadget, Internet dan sebagainya. Kita ambil contoh saja melalui internet,seperti Youtube, Facebook, Twitter, Blog dan sebagainya, dengan melalui media tersebut seharusnya dapat juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan nilai-nilai yang dimiliki oleh kebudayaan bangsa Indonesia, jika dilihat dari positifnya tanpa disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu yang digunakan untuk memperoleh keuntungan semata, tetapi juga ada sisi negatifnya dimana budaya asing juga semakin mudah masuk ke Indonesia melalui media-media tersebut. Selain melalui media massa, bisa juga dapat di mulai dari pembekalan pengetahuan tentang nilai-nilai budaya dimulai dari bangku sekolah dasar bahkan di perguruan tinggi juga, dan salah satunya mata kuliah wajib tentang Ilmu Budaya Dasar yang dimana didalamnya membahas tentang nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia dan peranan penting semua lapisan masyarakat yang ada di Universitas Gunadarma.
Kemajuan dan perkembangan teknologi pada zaman globalisasi modern saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan kebudayaan bangsa Indonesia. Melalui media informasi seperti Televisi, Gadget, Internet dan sebagainya. Kita ambil contoh saja melalui internet,seperti Youtube, Facebook, Twitter, Blog dan sebagainya, dengan melalui media tersebut seharusnya dapat juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan nilai-nilai yang dimiliki oleh kebudayaan bangsa Indonesia, jika dilihat dari positifnya tanpa disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu yang digunakan untuk memperoleh keuntungan semata, tetapi juga ada sisi negatifnya dimana budaya asing juga semakin mudah masuk ke Indonesia melalui media-media tersebut. Selain melalui media massa, bisa juga dapat di mulai dari pembekalan pengetahuan tentang nilai-nilai budaya dimulai dari bangku sekolah dasar bahkan di perguruan tinggi juga, dan salah satunya mata kuliah wajib tentang Ilmu Budaya Dasar yang dimana didalamnya membahas tentang nilai-nilai kebudayaan bangsa Indonesia dan peranan penting semua lapisan masyarakat yang ada di Universitas Gunadarma.
Analisis
permasalahan “Peran Universitas Gunadarma Dalam
Pelastarian Nilai-Nilai Budaya” dengan
memperhatikan dan mempertimbangkan
kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :
a.
Kekuatan (Strength)
a.
Sumber Daya Manusia
yang banyak (Mahasiswa dan Mahasiswi)
Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan
tinggi terbaik yang ada di Indonesia, yang dijadikan salah satu pilihan banyak
orang untuk menuntut ilmu di dalamnya. Sehingga ini merupakan dapat menjadi
suatu kekuatan untuk upaya para penerus bangsa ikut serta dalam mempelajari dan
melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di bangsa Indonesia.
.
b.
Sumber Daya Manusia
Pengajar yang berkualitas dan berkompeten.
Selain SDM dari Mahasiswanya , tetapi Universitas
Gunadarma didukung oleh staff pengajar yang berkualitas dan berkompeten dalam
sistem pengajaran dan pembelajarannya, dengan cara mengajari mahasiswa/i nya
untuk menganalisa dan mempraktekan dengan baik sehingga mulai tertanam jiwa
pemimpin yang baik dan berkompeten dalam diri mahasiswa/i nyasebagai salah satu
penerus bangsa dalam melestarikan nilai-nilai budaya
c.
Kebijakan Akademik
yang Baik dan Tepat (Intrakulikuler).
Ikatan antara Mahasiswa/i dengan Dosen nya juga ditunjang
dengan kebijakan Akademik yang baik dan tepat, di Universitas Gunadarma selain
mangadakan Kurikulum atau Mata Kuliah Umum seperti dikampus-kampus lain, tetapi
Universitas Gunadarma juga memberikan mata kuliah Softskill yang harus ditempuh
Mahasiswa/i dimana disitu mempelajari Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Sosial Dasar
yang mengajarkan tentang bersosial di masyarakat dan juga tentang kebudayaan
bangsa Indonesia. Sehingga tercipta rasa nasionalisme dan tanggung jawab antar
sesama dan negara Indonesia.
d.
Kegiatan
Mahasiswa/i yang tepat (Ekstrakulikuler).
Salah satu peran penting Universitas Gunadarma dalam
melestarikan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia adalah dengan mengadakan
kegiatan mahasiswa/i (UKM) yang berhubungan dengan kesenian dan kebudayaan. Diantaranya
adalah kegiatan seni musik yaitu SWARA DARMAGITA dan kegiatan seni budaya
teater yaitu TEMA. Dimana bukan hanya untuk kegiatan semata saja , UKM ini
digunakan untuk penanaman jiwa seni budaya terhapadap mahasiswa yang
mengikutinya. Prospeknya juga bagus untuk diri masing-masing mahasiswa itu
sendiri dan juga untuk bangsa indonesia.
b.
Kelemahan (Weakness)
a.
Kurangnya kesadaran
Mahasiswa/i untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan.
Mahasiswa/i yang kurang sadar akan pentingnya menjaga dan
melestarikan nilai-nilai kebudayan bangsa semakin membuat kebudayaan bangsa
semakin tertinggal atau kurang terkenal
pada zaman modern saat ini.
b. Kurangnya waktu jam pembelajaran tentang Softskill kebudayaaan.
Singkatnya
waktu pembelajaran mata kuliah Softskill seperti Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu
Sosial Dasar membuat menjadi masalah kurang tertanamnya jiwa seni budaya dalam
diri mahasiswa. Selain itu juga tatap muka antara mahasiswa dan dosennya yang
juga jarang membuat kelemahan dalam mendalami peran nilai-nilai budaya di
Universitas Gunadarma.
c.
Lebih cepat
tanggapnya Mahasiswa akan budaya asing yang lebih modern.
Sudah tidak dipungkiri lagi bukan hanya di Universitas
Gunadarma tetapi kampus lainnya juga mungkin seperti ini , kemajuan teknologi
pada zaman globalisasi modern saat ini membuat sangat mudah masuknya kebudayaan
asing dalam kampus,sehingga kebudayaan bangsa sendiri semakin jauh tergusur
oleh keberadaan kebudayaan asing yang lebih modern.
d.
Lokasi kampus yang
tidak menetap jadi satu.
Terbaginya beberapa kampus Universitas Gunadarma di
beberapa tempat itu yang menyulitkan untuk menyatukan seni kebudayaan yang
dimiliki diseluruh mahasiswa/i Gunadarma. Misalnya jika semua UKM berpusat di
kampus E , tetapi ada seorang mahasiswa di kampus J yang mempunyai bakat seni
budaya, dan ingin menampilkan bakatnya tetapi harus latihan di Kampus E ,
sementara jarak antara Kampus E dan J itu Jauh itu membuat mahasiswa tersebut
tidak bisa ikut. Sehingga yang tadinya mempunyai kemauan untuk memperdalam
nilai-nilai kebudayaan yang ada , membuatnya untuk tertunda bahkan tidak
tertarik lagi.
c.
Peluang (Opportunity)
a.
Terjalinnya
hubungan kebersamaan mahasiswa/i antar Fakultas.
Dengan banyaknya kegiatan seni budaya yang digelar oleh
Universtas, semakin menjalin kebersamaan antar mahasiswa yang berbeda Fakultas.
Sehingga terjalin rasa Persatuan dan Kesatuan dalam satu alamamater Universitas
Gunadarma.
b.
Terdapat kesamaan
antar mahasiswa satu dengan yang lain.
Banyaknya mahasiswa di Universitas Gunadarma, juga
semakin banyak mahasiswa yang beragam baik dari Suku , RAS dan Agama. Sehingga
dengan banyaknya kegiatan bersama untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan
bangsa Indonesia maka semakin dapat membuat kesamaan visi dan misi antara
mahasiswa satu dengan mahasiswa tang lainnya.
c. Meningkatkan citra Universitas Gunadarma kepada Masyarakat.
Dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh mahasiswa/i Universitas
Gunadarma dalam bidang seni budaya juga dapat memperkuat bahwa Universitas
gunadarma bukan hanya Unggul dalam Bidang IT saja , tetapi kaya akan
nilai-nilai Seni Budayanya.
d.
Menjalin hubungan
dengan Universitas lain untuk melestarikan nilai-nilai budaya.
Kegiatan bersama antara perguruan tinggi lainya dapat memperkaya dan
melestarikan kebudayaan bangsa indonesia. Contoh dengan melakukan kegiatan
gabungan Festival Budaya Indonesia, sehingga dapat memberikan informasi kepada
mahasisa tentang kebudayaan bangsanya sendiri.
d.
Tantangan/Hambatan
(Threats)
a.
Kurangnya
kepeduliannya mahasiswa akan kebudayaan daerah.
Salah satu hambatannya juga termasuk kurang cepat
tanggapnya mahasiswa akan kemajauan kebudayaan guna melestarikan nilai-nilai
budaya nasional.
b.
Kurangnya Sarana
dan Prasarana Kebudayaan di Universitas Gunadarma.
Guna menunjang kemajuan seni budaya di Universitas
Gunadarma seharusnya pihak kampus dapat membuat pusat seni dan budaya di
kampus. Sehingga pelatihan tentang kebudayaan guna melestarikan nilai-nilai
budaya juga semakin maju tanpa harus memikirkan lagi tempat dan sarananya.
c.
Akibat semakin
berkembangnya teknologi.
Dengan perkembangan teknologi juga dapat memberikan efek
yang negatif untuk melestarikan nilai-nilai kebudayaan bangsa, dikarenakan
sangat mudahnya juga masuknya budaya asing kedalam bangsa Indonesia.
d.
Persaingan antar
perguruan tinggi yang semakin ketat.
Semakin maju zaman semakin banyak juga Universitas yang memperbaiki
kualitasnya. Maka dari itu jika ingin masih ingin menjadi yang terbaik harus
ditunjang juga dengan pelatihan dan sarana yang bagus pula, sehingga prestasi
dapat di pertahankan dan ditingkatkan,bukan malah tertinggal dar kampus lain.
BAB III
KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
1.
KESIMPULAN
Perguruan tinggi ( Universitas Gunadarma ) adalah suatu wadah yang
digunakan untuk menempuh pendidikan lebih profesional. Pendidikan adalah suatu usaha
yang dilakukan secara sadar dan sengaa untuk mengubah tingkah laku manusia baik
secara individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya
pengajaran dan pelatihan. Pengetian kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang
meliputi ide atau gagasan yang terdapat pada pikiranmanusia, sehingga dalam
kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Peran pendidikan adalah
sebagai transfer nilai-nilai budaya atau sebagai cara yang paling efektif dalam
mentransfer nilai-nilai budaya atau sebagai cara proses pendidikan, karena
keduanya sangat erat hubungannya. Kebudayaan dengan pendidikan sangat erat sekali
keduanya saling berkesinambungan dan tidak dapat dipisahkan karena saling dan
membutuhkan antara satu sama lainnya. Dalam konteks dapat dilihat hubnungan
antara pendidikan dan kebudayaan. Nilai-nilai kebudayaan aakn terlestarikan
dalam setiap ini tentunya hanya akan mungkin terjadi bila mahasiswa atau
mahasiswi nya benar-benar sebagai penerus bangsa.
2.
REKOMENDASI
a. Menambahkan lagi
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di setiap lokasi kampus yang berhubungan dengan seni budaya.
b. Memasukan nilai-nilai
budaya luhur bangsa Indonesia dalam kurikulum akademik dari tingkat
awal sampai tingkat akhir dengan
ditambah jam perkuliahan untuk mata kuliah seni budaya.
c. Meningkatkan Sarana
dan Prasarana untuk kegiatan seni budaya baik untuk lokasi latihan , peralatan
dan sebagainya.
d. Memperbanyak
mengadakan kegiatan seni budaya seperti Festival Budaya Indonesia yang di
alokasikan untuk semua mahasiswa dari berbagai fakultas dan untuk umum.
REFRENSI :
http://www.google.com
http://blog.umy.ac.id/cahminang/pemanfaatan-tekhnologi-sebagai-media-untuk-melestarikan-budaya-dan-nilai-luhur-bangsa-indonesia/
http://titowidiyanto.blogspot.com/2012/04/peran-universitas-gunadarma-dalam.html
http://staff.undip.ac.id/sastra/dhanang/2009/07/23/optimalisasi-peran-mahasiswa-dan-lembaga-kebudayaan/
http://kem.ami.or.id/2011/08/mewujudkan-peran-serta-remaja-dalam-pelestarian-budaya/
0 comments:
Posting Komentar