Facebook Twitter Google RSS

Sabtu, 04 Mei 2013

Gaya Kepemimpinan Yang Ideal



Definisi Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi , memberi contoh, serta member motivasi kepada orang lain, sehingga dapat mencapai tujuan organisasi dan mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan manusia. Kepemimpinan merupakan faktor yang penting dalam suatu organisasi, tugas utama seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya tidak hanya terbatas pada kemampuannya dalam melaksanakan program-program saja, tetapi lebih dari itu yaitu pemimpin harus mempu melibatkan seluruh lapisan organisasinya, anggotanya atau masyarakatnya untuk ikut berperan aktif sehingga mereka mampu memberikan kontribusi yang positif dalam usaha mencapai tujuan.
Kepemimpinan juga dapat merupakan sesuatu yang dapat dipelajari sehingga dapat dilaksanakan spontan dan otomatis sepanjang waktu. Para pemimpin atau manager misalnya dapat segera membuat beberapa keputusan penting mengenai sebuah masalah, sementara orang lain masih dalam tahap menganalisis masalah.

Saat ini banyak orang bertanya-tanya bagaimana caranya para pemimpin atau manager bisa mengetahui caranya mengambil keputusan terbaik, walaupun dalam kondisi yang terdesak?

Proses pengambilan keputusan biasanya di dasari oleh pengalaman dari pemimpin atau manager dalam kondisi yang berbeda-beda dan juga sangat dipengaruhi oleh kepribadian dari masing-masing pemimpin atau manager tersebut bahkan juga di pengaruhi dari pengalaman kegagalan yang pernah dialaminya.

Banyak pemimpin atau manager sukses yang memang memiliki naluri jiwa kepemimpinan yang baik dan profesional sehingga mereka akan kuat dalam menghadapi semua tekanan dalam pengambilan keputusan yang penting. Dan tidak menutup kemungkinan pemimpin atau manager yang baik menggunakan firasat mereka dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

 

Menurut pendapat saya gaya kepemimpinan yang baik untuk seorang pemimpin atau manager adalah seorang pemimpin yang bertipe Demokratis.

Karena pemimpin yang bertipe Demokratis menggambarkan kepemimpinanya sebagai indikator, dan hubungan seorang manager dengan bawahan nya bukan sebagai majikan terhadap pembantunya, melainkan sebagai saudara tua diantara teman sekerjanya. Pemimpin yang demokratis selalu berusaha menstimulasi bawahannya agar bekerja secara kooperatif untuk mencapai tujuan bersama. Dalam tindakan dan usaha-usahanya, selalu berpangkal pada kepentingan dan kebutuhan kelompoknya, serta mempertimbangkan kesanggupan serta kemampuan kelompoknya. Tipe kepemipinan iuni menempatkan manusia sebagai faktor utama dan terpenting dalam organisasi.

Dan dalam melaksanakan tugasnya pempimpin atau manager yang demokratis mau menerima bahkan mengharapka pendapat dan saran-saran dari bawahannya, juga kritik-kritik yang dapat membangun dari para bawahan yang ditrimanya sebagai umpan balik dan dijadikan bahan pertimbangan dalam tindakan-tindakannya berikutnya. Selain itu pemimpin yang demokratis selalu berusaha menampilkan suasana rasa kekeluargaan dan persatuan, senantiasa berusaha membangun semangat bawahannya dalam menjalankan dan mengembangkan daya kerjanya.



Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin atau manager sehingga bisa dikatakan sebagai pemimpin yang baik, antara lain :

1.Pemimpin atau manager dapat membuat orang lain nyaman untuk berterus terang sehingga tidak ada rasa takut dari bawahan untuk menyerukan pendapat.

2.Pemimpin harus sebagai pengambil keputusan yang ahli dan komunikator yang baik.

3.Pemimpin yang baik harus dapat memahami kemampuan serta kelemahan dari kolega mereka serta memberikan masukan dengan benar.

4.Harus dapat memberikan dan melaksanakan contoh yang pemimpin berikan dan berperilaku positif.

5.Pemimpin juga harus dapat mengukur dan menghargai kinerja bawahannya.

6.Pemimpin yang baik juga harus mengatasi masalah tanpa menunda-nunda masalah tersebut.

7.Dan harus dapat menjadi guru yang baik bagi bawahannya.


Sekian . . . . . . . . . . . . 

 

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

2 comments:

Unknown mengatakan...


Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

Unknown mengatakan...

https://www.sayitind.com/
express yourself through your clothes!!