Facebook Twitter Google RSS

Kamis, 01 November 2012

Ciri-Ciri dan Unsur Organisasi #Part2


1)      Manusia merupakan makhluk sosial, makhluk bermasyarakat yang mampu mengadakan kerjasama dengan semua pihak dalam udaha mencapai tujuan bersama.
2)      Manusia merupakan unsur terpenting dalam organisasi karena manusia mampu untuk berkembang baik secara berpikir, cara hidup maupun cara berkelompok atau cara bermasyarakat. Makin tinggi cara berpikir dan cara hidupnya maka semakin tinggi pula tingkat peradabannya. Makin maju cara bermasyarakatnya berarti semakin tinggi kesadaran manusia untuk berorganisasi. Ini merupakan salah satu ciri manusia modern.
Sebagai akibat dari kesadaran untuk berorganisasi yang semakin tinggi maka manusia modern mendapat berbagai macam predikat, antara lain sebagai berikut:
1)      Manusia organisasi, adalah:
-          Manusia yang suka berkarya dalam berbagai bentuk kelompok.
-          Manusia yang mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam usaha mencapai tujuan bersama, dengan sistem, metode, dan prosedur kerja yang baik.
-          Manusia yang mampu mengendalikan sekelompok orang guna mencapai tujuan bersama dengan berpedoman kepada prinsip-prinsip organisasi.
-          Manusia yang kuat dalam pengembangan dan pengendalian organisasi dengan disiplin yang tinggi.
2)      Manusia manajemen, adalah manusia yang mampu melakukan pengendalian dan pengembangan kegiatan operasional melalui kemampuan dalam penyusunan rencana yang baik, pengorganisasian yang rapi, pemberian motivasi yang selaras dengan kebutuhan dari para anggota, para pekerja (workers), pengawasan yang baik, dan mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam menghadapi masalah yang harus segera dipecahkan.
3)      Manusia administrasi
Ada pendapat bahwa administrasi merupakan suatu tipe manajemen tertentu yang merupakan Overall Management suatu organisasi. Yang dimaksud dengan Overall Management ialah manajemen yang sifatnya menyeluruh, meliputi segala aspek kegiatan dari seluruh unit organisasi. Dengan demikian yang dimaksud dengan manusia administrasi ialah manusia yang mampu menjalankan Overall Management, manusia yang mampu mengadakan pengendalian dan pengembangan secara efektif dan efisien 

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: