Facebook Twitter Google RSS

Senin, 21 Oktober 2013

Faktor Penunjang Penulisan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar


Faktor Penunjang Penulisan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar meliputi :

1. Ragam Bahasa
2. Ejaan
3. Diksi
4. Kalimat
5. Alinea dan Pengembangannya
6. Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah
7. Kerangka Karangan
8. Kutipan dan Catatan Kaki
9. Abstrak dan Daftar Pustaka


Tujuan Penulisan : Mampu menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan dan tulisan sebagai pengungkapan penulisan ilmiah.



Ragam bahasa dalam penulisan di sesuaikan dengan sang penulis nya masing-masing, dimana ragam bahasa disesuaikan dengan daerah nya masing-masing.

Ejaan dalam penulisan bahasa indonesia merupakan hal yang harus di perhatikan dikarenakan penulisan harus sesuai dengan ejaan yang di sempurnakan (EYD), dengan menggunakan ejaan yang baku maka menjadi sebuah tulisan yang baik dan benar.

Alinea atau Paragraf dalam penulisan bahasa indonesia harus memperhatikan beberapa aspek dimana dalam penulisan harus dikemukakan dengan jelas baik inti dan ide pokok dan mendukung kalimat satu dengan kalimat yang lain dalam mendukung penulisan.

Kutipan merupakan sebuah gagasan yang diambil dari sebuah penulisan , baik dari kamus, ensikopedi, maupun artikel. sedangkan Catatan Kaki merupakan keterangan yang dicantumkan dalam penulisan pada bagiah bawah tulisan halaman buku.


Dengan beberapa faktor diatas dapat disimpulkan bahwa untuk penulisan bahasa indonesia dengan baik dan benar dapat dikuasai jika kita bisa memahami dan mengaplikasikan faktor-faktor diatas dengan baik.

About Chuck


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Ut odio. Nam sed est. Nam a risus et est iaculis adipiscing. Vestibulum ante ipsum faucibus luctus et ultrices.
View all posts by Chuck →

0 comments: